Nasehat Islam

Kumpulan Artikel Nasehat Islami

Archive for the ‘Pernikahan / Perkawinan’


Membentengi Anak dengan Akhlaq Islami

akhlaq islam2Alloh SWT berkata dalam QS al-Qalam ayat 4, “Dan sesungguhnya engkau (Muhammad), benar-benar berbudi pekerti yang luhur“.

Ayat ini menggambarkan bagaimana tingginya akhlaq nabi Muhamad saw, sampai-sampai Alloh SWT menyatakan secara spesifik dalam firman-Nya. Masyarakat dunia, tak terkecuali non-muslim, jika ia memahami kehidupan nabi Muhammad, akan mengakui begitu indahnya islam saat diterjemahkan oleh akhlaq rosululloh. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak orang kafir berbondong-bondong masuk islam.

(more…)

Mencintai Binatang Melebihi Anak Kandung

anak _sholehNabi Muhammad saw pernah meramalkan, pada akhir zaman manusia akan lebih senang memelihara binatang dibandingkan anak kandungnya sendiri. Makna dari ramalan ini adalah akan datang suatu masa dimana akan hilang perhatian orang tua untuk mendidik anaknya menjadi anak yang sholeh. Orang tua lebih sibuk dengan urusannya masing-masing. Mereka merasa cukup memberikan kebutuhan fisik, pakaian dan makanan. Namun, mereka lupa mengembangkan aqidah dan akhlaq anaknya. Hal ini diumpamakan mereka lebih mencintai binatang peliharaan dibanding anak kandungnya sendiri.

(more…)

Meraih Kasih Sayang dalam Rumah Tangga

Keluarga SakinahSetiap hari kita disuguhkan berbagai berita perceraian banyak pasangan. Perceraian kayaknya sudah menjadi hal biasa di negeri ini. Orang sudah tidak sungkan lagi mempertontonkan dan memberitakannya ke khalayak umum. Padahal, kalau kita renungi bersama, sesungguhnya pernikahan adalah sesuatu yang LUHUR yang harus dijaga keutuhannya, guna melanjutkan keturunan dan keharmonisan kehidupan jangka panjang.
 
Islam mengajarkan bahwa tujuan luhur pernikahan adalah mendapatkan ketentraman dan rasa kasih dan sayang, bukan sebaliknya, perseturuan dan ketidakharmonisan yang berujung perceraian. Alloh SWT menyatakan dalam QS Arrum 21 yaitu sebagai berikut:

(more…)

Menikahlah!!, Dan Engkau Akan Mendapat Ketenangan

menikahAgama Islam sangat menganjurkan setiap laki-laki dan perempuan yang telah siap lahir dan bathin untuk menyegerakan menikah.  Anjuran ini sangatlah sesuai dengan fitrah manusia dan menjaga tatanan kehidupan yang harmonis dari generasi ke generasi.

Tujuan pernikahan dalam konsep Islam sebagaimana tertera dalam al-Quran (30, 21) adalah untuk menggapai ketenangan dan ketentraman kedua belah pihak. Jadi sangatlah bertentangan jika tujuan pernikahan hanya untuk mendapatkan kepuasan nafsu, status atau meterial belaka.

(more…)

Kiat Menggapai Keluarga Sakinah

keluarga sakinah2Setiap orang  tentu mendambakan keluarga sakinah. Saat teman atau keluarga kita menikah, biasanya kita mendo’akan agar menjadi keluarga sakinah. Lalu bagaimana agar kita bisa menggapai keluarga sakinah ??

Mari kita menggali nilai-nilai yang terdapat dalam al-Qur’an, sebagai berikut:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. (QS. 30:21)

(more…)

Bagaimana Melahirkan Generasi Islam yang Cerdas?

generasi cerdasDalam kita suci al-Qur’an, Alloh SWT menyatakan bahwa sesungguhnya umat islam diciptakan sebagai umat yang unggul. Sejak diturunkan ke muka bumi melalui perantara Nabi Muhammad saw, Islam tumbuh secara signifikan baik dari jumlah penganut maupun wilayah penyebarannya, bahkan mampu menjadi kekuatan dunia mengalahkan peradaban Persia dan Romawi saat itu.

Seiring jalannya waktu, peradaban Islam semakin hari semakin tenggelam dan dikalahkan golongan lain. Secara jujur kita bisa menyatakan, bahwa yang menguasai peradaban dunia saat ini ialah kaum yahudi. Tidak ada aspek kehidupan manusia di dunia ini yang tidak lepas dari kendali kaum yahudi.

(more…)