Nasehat Islam

Kumpulan Artikel Nasehat Islami

Archive for the ‘Tahun Baru Hijriah’


Kiat Agar 2012 Lebih Baik dari 2011

Setiap orang pasti melewati waktu pergantian tahun baru, baik secara sadar maupun tidak sadar. Pergantian tahun pada dasarnya pengurangan jatah umur. Untuk itu, tidak salahnya dijadikan momentum untuk menilai kualitas waktu / umur yang sudah kita lalui (refleksi / muhasabah). Apakah kualitas hidup tahun ini sudah lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, sama-sama saja, atau bahkan terjadi penurunan.

(more…)

Ayo..Menjadi Lebih Baik di Tahun 2011

hidup duniaSebentar lagi, kita akan mengakhiri tahun 2010 dan menyongsong tahun 2011. Meninggalkan segenap perbuatan yang telah diperbuat dengan sejuta harapan dan permasalahan. Kadang  memberi warna positif , kadang memberi warna negatif.  Seorang muslim yang jujur dengan komitmen keislamannya, hendaknya dari waktu ke waktu berusaha meningkatkan derajat (value) dirinya, terutama dalam keimanan dan ketaqwaan. Hari esok harus lebih baik dari sekarang dan masa lalu.

(more…)

Saatnya Introspeksi Diri di Akhir Tahun 2010

visi muslimSaat ini kita berada di penghujung tahun Masehi 2010 dan awal tahun Hijriah 1432. Kondisi ini sangatlah cocok sebagai momentum introspeksi diri (muhasabah). Tujuannya, untuk mengukur seberapa sukses karya yang telah kita lakukan selama satu tahun ke belakang. Apakah kinerja kita menuju kemajuan atau malah sebaliknya menuju kemunduran. Berdasarkan evaluasi ini, kita tentukan langkah apa yang akan diperbuat di masa mendatang, baik dalam jangka tahunan, bulanan, mingguan, atau harian.

Al-Quran telah memberikan sinyal tentang pentingnya proses introspeksi ini, sebagaimana tersurat dalam QS Al-Hasyr 18-19;

(more…)

Hijrah dalam Perspektif al-Quran

hijrah1Setiap memasuki tahun baru Islam 1 Muharam, sebagian besar umat islam khususnya di Indonesia merayakannya dengan berbagai bentuk kegiatan. Ada yang melakukan qiyamullail, pengajian bersama, berdzikir, dan lain sebagainya. Banyaknya ragam aktivitas ini, tentunya mengusik pikiran kita, apa sih sebenarnya makna dari  tahun baru Islam ini? Apa esensi dari hijrah nabi dari Mekah dan Medinah yang menjadi titik tolak perhitungan kalender Islam ini?

Berdasarkan rangkaian sejarah yang menyertai peristiwa hijrah ini serta nilai-nilai yang terkandung dalam al-Quran dan hadits, proses hijrah yang sesungguhnya adalah Proses perubahan ke arah yang lebih baik. Apapun acara yang kita lakukan, yang penting esensinya menuju ke arah yang lebih baik. Momentum hijrah haruslah menjadi titik tolak menuju kehidupan yang lebih baik,  baik dalam ruang lingkup pribadi, keluarga, bermasyarakat maupun bernegara.

(more…)

Tahun Baru 1431H sebagai Momentum Introspeksi Diri

introspeksi diriSebentar lagi kita menghadapi tahun baru Islam 1413 H yang bertepatan dengan tanggal 18 Desember 2009. Terkait dengan hal ini, sudah selayaknya kita sebagai umat Islam memaknai tahun baru ini sebagai momentum untuk introspeksi dan perbaikan diri di masa depan.  Mari kita bertanya pada diri sendiri, apakah amalan ibadah yang telah kita lakukan selama ini sudah optimal dan sesuai dengan tuntunan Islam? Selanjutnya apa yang akan kita lakukan di masa yang akan datang agar kita menjadi lebih baik lagi.

(more…)