Nasehat Islam

Kumpulan Artikel Nasehat Islami

Archive for the ‘Do'a’


Do’a Bagi Perempuan Hamil

Ibu hamilSaat istri penulis mendapatkan karunia berupa kehamilan putri yang pertama,  penulis diberikan kumpulan do’a dari seorang Kyai sebuah pesantren daerah Garut, yakni KH. Rahmat Taufiq (Alm). Beliau adalah seseorang yang keseluruhan hidupnya didedikasikan untuk mengajar ilmu Islam di pesantren dan sekolah Islam.

Mengenang beberapa hari meninggalnya beliau, penulis ingin share juga doa yang beliau berikan melalui blog ini, semoga bermanfaat bagi yang membaca dan menjadi amal kebaikan beliau di alam sana. Berikut do’anya:

(more…)

Obat Penawar Stress, Sedih, Lemah, Malas, Kikir, Penakut, Terbeban Utang, dan Ditindas Orang

stressAda satu do’a yang diajarkan nabi, yang selalu beliau wiridkan dua kali sehari, di saat pagi dan sore. Do’a itu adalah sebagai berikut:

“Allahumma inni a’udzu bika minal hammi wal hazan waa’udzu bika minal ‘ajzi walkasali wa a’udzubika minal jubni wal  bukhli wa a’udzu bika min ghalabatiddain wa qahrirrijal.”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari rundungan sedih dan duka, aku berlindung kepada-Mu dari sifat lemah dan malas, aku berlindung kepada-Mu dari sifat kikir dan penakut, aku berlindung kepada-Mu dari beban hutang dan penindasan orang“.

(more…)

Urgensi Do'a

berdoaDo’a, selain mengandung makna memohon kepada yang di atas, juga merupakan sikap dan komitmen dari orang yang berdoa. Sehingga  perbuatan yang dilakukan seharusnya seiring dengan makna dari do’a tersebut. Jika setiap hari kita berdoa meminta kebaikan hidup di dunia dan akhirat, ”Robbana aatina fiddunia hasanah, wafil akhiroti hasanah waqinaa ‘adaabannar”,  maka seyogyanya pikiran, rencana dan perbuatan kita harus mengarah pada kebaikan urusan dunia dan akhirat.

(more…)