Nasehat Islam

Kumpulan Artikel Nasehat Islami

Archive for the ‘Nasehat Ibadah’


Meneladani Upaya Para Sahabat Menggapai Surga.

Tak ada satupun manusia di dunia ini yang menginginkan kerugian atau kegagalan. Sebaliknya, pasti mendambakan kesuksesan. Dalam Islam, indikator hidup sukses seseorang yang hakiki tidaklah diukur dari harta, pangkat dan kedudukan di dunia, melainkan apakah ia masuk surga atau tidak saat di akhirat kelak. Hal ini tercermin dalam QS Ali Imran 185. “…Barangsiapa yang dijauhkan dari neraka, dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh dia memperoleh kemenangan”.

(more…)

Ayo..Menjadi Lebih Baik di Tahun 2011

hidup duniaSebentar lagi, kita akan mengakhiri tahun 2010 dan menyongsong tahun 2011. Meninggalkan segenap perbuatan yang telah diperbuat dengan sejuta harapan dan permasalahan. Kadang  memberi warna positif , kadang memberi warna negatif.  Seorang muslim yang jujur dengan komitmen keislamannya, hendaknya dari waktu ke waktu berusaha meningkatkan derajat (value) dirinya, terutama dalam keimanan dan ketaqwaan. Hari esok harus lebih baik dari sekarang dan masa lalu.

(more…)

Menapaki Jalan Menuju Surga

jalan-ke-surgaSuatu hari seseorang bertanya kepada rosul, “Wahai rosul, apakah saya bisa masuk SURGA  jika saya melakukan sholat lima waktu, berpuasa romadhan, menghalalkan yang halal, mengharamkan yang haram, serta tidak menambah  atau mengurangi ajaranmu?”, rosul menjawab, “YA”.

(more…)

Pentingnya “Militansi” dalam Tinjauan Al-Quran

 mengaji2Militansi atau “kesungguhan” dalam melaksanakan suatu perkara terutama dalam beribadah mendapatkan perhatian cukup intens dalam al-Quran. Banyak ayat yang menekankan kita harus memiliki sikap militansi dalam beribadah. Kita diharuskan memberikan porsi waktu, tenaga, dan materi yang ‘lebih’ untuk melaksanakan ibadah, bukan sesuatu yang ’sisa’.
Setidaknya ada 4 alasan kenapa kita harus memiliki jiwa militansi (bersungguh-sungguh) berdasarkan keterangan dalam al-Quran, yakni sebagai berikut:

(more…)

Kekhawatiran Nabi Muhamad Terhadap Umatnya

pemimpin dholimNabi muhammad adalah seorang pembawa risalah Alloh yang sangat mencintai umatnya. Sepanjang hidupnya ia dedikasikan untuk menyebarkan risalah Alloh kepada umat manusia, walau dihadapkan pada tantangan, cemoohan dan penderitaan.

Alloh SWT menggambarkan sifat dan perjuangan nabi Muhammad dalam QS Attaubah 128:

“Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. (QS. 9:128)

(more…)

Kiat Menjaga Stamina Beribadah

stamina ibadahSalah satu keutamaan bulan Romadhan yang diberikan Alloh SWT ialah dimudahkannya melaksanakan ibadah. Tidak sedikit orang di bulan romadhan menjadi lebih rajin ke mesjid, rajin membaca al-Quran, rajin bersedekah, dan lain-lain. Namun ternyata, kemudahan beribadah ini tidak semua orang mampu menjaganya, ia kembali ke perilaku semula (malas beribadah) setelah Romadhan usai. Kemampuan melaksanakan ibadah ini seharusnya tidak berhenti disini, melainkan harus tetap di jaga konsistensinya sampai akhir azal. Berikut beberapa kiat agar kita bisa menjada konsistensi beribadah:

(more…)

Berlombalah untuk Kehidupan Akhirat

akhiratSaat berbicara Romadhan ada dua ciri khas yang selalu nabi Muhammad saw gambarkan kepada kita yaitu perkara kehidupan akhirat dan perkara yang ghaib. Dalam sebuah hadits yang masyhur, rosulullloh mengatakan bahwa “Bilamana tiba malam pertama Romadhan, syetan (jin) dibelenggu, pintu neraka ditutup dan pintu surga terbuka”. Pertanyaan lebih lanjut kenapa Romadhan selalu dikaitkan dengan perkara kehidupan akhirat dan ghaib?

(more…)

Saatnya Berubah…

berubahSuatu hari saat rosululloh memberikan tausiyah di depan umatnya, tiba-tiba beliau mengatakan amin, amin, amin. Setelah selesai memberi tausiyah, salah seorang sahabat bertanya, “Wahai rosul kenapa tadi mengatakan amin sampai tiga kali?”. Rosul menjawab, tadi itu Jibril datang dan menyampaikan amanat. Salah satu amanat itu ialah  Jibril berdo’a, “Celakalah orang yang bertemu dengan Romadhan, dan dia tidak mendapatkan ampunan”. Lantas rosul mengamininya.

(more…)

10 Sifat Orang Mukmin Yang Sukses

sukses2Indikasi kesuksesan seorang mukmin atau muslim berdasarkan al-Qur’an ialah dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke surga, sebagaimana tercantum dalam QS Ali-Imran 185, “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan”.

(more…)

Cinta dan Loyalitas kepada Alloh

cinta-allah2Alloh SWT berfirman dalam QS Al-Baqoroh 165, “Dan di antara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allah; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah“.

Ayat di atas menjelaskan pentingnya cinta, takut dan harap kepada Alloh. Cinta kepada Alloh haruslah ditempatkan diatas segala-galanya, jangan sejajar dengan sembahan-sembahannya. Bahkan Alloh menjelaskan sifat orang yang beriman, ia amat sangat cinta kepada Alloh.

(more…)