Nasehat Islam

Kumpulan Artikel Nasehat Islami

Archive for the ‘Kematian’


Orang Cerdas adalah Orang Yang Selalu Ingat Mati

Setiap orang meyakini bahwa setiap jiwa yang bernafas pasti akan mengalami kematian. Namun, kesibukan sehari-hari seringkali membuat orang terlena dan lupa bahwa besok atau lusa akan dipanggil oleh Alloh SWT. Sampai tiba suatu saat, malaikat datang menjemput, dan pupuslah semua kelezatan dunia beralih menuju kehidupan yang abadi di sisi-Nya.

(more…)

Jangan Takut Hadapi Mati

Saat bicara kematian, biasanya, merupakan topik yang kurang disenangi dan diminati bagi sebagian orang. Kenapa? Karena, pada dasarnya, naluri manusia menginginkan hidup lama, bahkan kalau bisa hidup seribu tahun lamanya. Alloh SWT menyatakan dalam QS Al-Baqoroh 96, bahwasanya ada segolongan manusia yang ingin hidup seribu tahun lamanya.

 “…masing-masing mereka ingin diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu tidak akan menjauhkan mereka dari azab. Dan Alloh maha melihat apa yang mereka kerjakan

(more…)

Mati, Hidup, Mati, Hidup…

kematianAlloh berfirman dalam QS Al-Baqoroh 28:

“Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu di kembalikan.

Dalam ayat ini Alloh menyatakan bahwa manusia tidak mungkin Kafir (ingkar) kepada Alloh, karena pada dasarnya manusia adalah makhluq ciptaan-Nya dan mengalami proses yang sudah pasti yaitu MATI-HIDUP-MATI dan HIDUP.

(more…)

Sikap Saat Kematian Menimpa Saudara Kita

saat kematianKamatian hakikatnya adalah hiburan bagi orang-orang  yang beriman, karena ia akan pindah dari dunia yang fana kepada alam yang kekal. Jika ada salah satu dari saudara / keluarga kita meninggal, kita diperbolehkan bersedih sesuai dengan sifat kemanusiaan, namun tidak boleh lebih dari 3 hari 3 malam. Selanjutnya diperintahkan pula untuk bersabar dan ridho terhadap ketetapan Alloh SWT serta sikap mengembalikan sesuatu kepada Alloh SWT.

(more…)