Nasehat Islam

Kumpulan Artikel Nasehat Islami

Archive for the ‘Taqwa’


Wasiat Rosul Tentang Taqwa, Taubat dan Akhlaq Baik

islam terbaik1Ada satu hadits Nabi yang cukup masyhur dan sering kita dengar, berisikan wasiat beliau kepada umatnya, yakni sebagai berikut:

” Bertaqwalah kepada Allah di mana saja engkau berada. Iringkanlah perbuatan jahat itu dengan perbuatan baik, mudah-mudahan yang baik itu akan memadam yang jahat. Dan bergaullah kepada manusia dengan akhlaq yang bagus. “

(more…)

Alloh Bersama Orang Taqwa dan Berbuat Kebaikan

berbuat kebajikanDalam QS An-Nahl 128, Alloh SWT berfirman, “Sungguh, Alloh beserta orang-orang yang bertaqwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan”.

Makna ayat diatas adalah kebersamaan Alloh SWT  dengan orang yang bertaqwa dan ihsan, yakni orang yang berbuat baik, berbakti kepada Alloh, seakan-akan Alloh melihatnya.

Ketika sahabat Muaz bin Jabal, diamanatkan rosul untuk mendakwahkan Islam ke Yaman, Rosul melihat sesuatu yang tidak berkenan dalam diri Muaz, sehingga rosul bertanya, kenapa engkau nampak berat menerima amanat ini?. Sahabat Muaz lantas menjawab, sesungguhnya aku tidak merasa berat kalau hanya menerima amanatmu ini ya rosul, namun yang berat bagiku adalah aku akan meninggalkan engkau. Selanjutnya rosul memberikan nasehat kepada Muaz sebagai berikut: (more…)

Jalan Menuju Ketaqwaan

taqwaJika manusia lupa pada Alloh SWT, maka dia akan lupa pada dirinya sendiri. Jika dia berbuat maksiat, maka sesungguhnya ia telah lupa terhadap kebutuhan dan hakikat hidupnya.  Alloh SWT menerangkan dalam Al-Qur’an, “Faalhamaha fujuuroha wa taqwaaha..”.

Yang menjadi pertanyaan, kenapa kata “Fujuur” (Jalan Kejahatan) disebutkan terlebih dahulu dibandingkan kata  “Taqwa”? Hal ini menunjukkan bahwa sesungguhnya manusia lebih cenderung pada “Fujuur” dibandingkan  “Taqwa”.

(more…)