Nasehat Islam

Kumpulan Artikel Nasehat Islami

Archive for the ‘Rumah Tangga Islam’


Kiat agar Suami, Istri dan Anak Bisa Bertemu di Surga

Seorang suami akan merasa bahagia jika bisa bertemu istri dan anaknya. Begitu pula sebaliknya, anak akan merasa bahagia jika bisa bertemu dengan orang tuanya. Dan tentunya,  kebahagiaan dalam kebersamaan ini diharapkan terjadi selamanya. Tidak hanya di dunia, namun juga berlanjut sampai di akhirat. Bisakah kita  mewujudkan harapan ini? Kalaupun bisa, bagaimanakah caranya?

(more…)

Langkah Praktis Mencetak Keturunan yang Sholeh

Salah satu kebahagiaan yang dirindukan orang tua, mana kala ia bisa menyaksikan anak keturunannya sholeh. Sebaliknya, betapa menderitanya orang tua, jika anak yang disayanginya durhaka dan jauh dari nilai keislaman. Anak saleh adalah aset yang sangat mahal, manfaatnya tidak hanya dirasakan di dunia namun juga akhirat kelak. Orang tua akan dipertemukan dengan anaknya di akhirat, manakala mereka memiliki kesamaan iman dan amal sholeh.

(more…)

Kiat Menyikapi Konflik Rumah Tangga

Setiap orang yang menikah pasti merindukan Sakinah Mawadah Warohmah (SAMARA), yakni kondisi rumah tangga yang tenang, damai dan tentram. Namun, kondisi ini bukanlah berarti keluarga yang tidak pernah mengalami masalah. Dalam kenyataannya, masalah akan selalu datang seiring dengan berjalannya waktu, baik yang disebabkan faktor internal maupun ekternal.

Jangankan kita sebagai manusia biasa, keluarga nabi Muhammad-pun, pernah ditimpa masalah keluarga, misalnya tuduhan perselingkuhan Aisyah dengan salah saorang sahabat, sampai kasusnya berlarut-larut 40 hari lamanya dan diabadikan dalam QS An-Nur 11-17.

(more…)

Membangun Rumah Syari’ah sebagai Surga Dunia

nasehatislam3Perkembangan ekonomi berbasis syariah, khususnya di Indonesia, dewasa ini cukup menggembirakan. Banyak bank syariah, asuransi syariah, investasi syariah bahkan hotel syariah lahir dan tumbuh dengan kinerja yang tidak kalah dibandingkan konvensional. Ini menunjukkan bahwa ekonomi syariah dapat diterima masyarakat Indonesia, tidak hanya umat islam namun juga non-Islam. Bahkan, komunitas masyarakat Eropa, Amerika dan Jepang pun, berlomba-lomba ikut dalam pencaturan ekonomi syariah. Fenomena ini tentu sangat menggembirakan, dan bisa menjadi bahan acuan (benchmarking) bagaimana mensosialisasikan nilai-nilai islam (syariah) lainnya hingga bisa diterima masyarakat luas.

(more…)

Membentengi Anak dengan Akhlaq Islami

akhlaq islam2Alloh SWT berkata dalam QS al-Qalam ayat 4, “Dan sesungguhnya engkau (Muhammad), benar-benar berbudi pekerti yang luhur“.

Ayat ini menggambarkan bagaimana tingginya akhlaq nabi Muhamad saw, sampai-sampai Alloh SWT menyatakan secara spesifik dalam firman-Nya. Masyarakat dunia, tak terkecuali non-muslim, jika ia memahami kehidupan nabi Muhammad, akan mengakui begitu indahnya islam saat diterjemahkan oleh akhlaq rosululloh. Maka dari itu, tidak mengherankan jika banyak orang kafir berbondong-bondong masuk islam.

(more…)

Bagaimana Melahirkan Generasi Islam yang Cerdas?

generasi cerdasDalam kita suci al-Qur’an, Alloh SWT menyatakan bahwa sesungguhnya umat islam diciptakan sebagai umat yang unggul. Sejak diturunkan ke muka bumi melalui perantara Nabi Muhammad saw, Islam tumbuh secara signifikan baik dari jumlah penganut maupun wilayah penyebarannya, bahkan mampu menjadi kekuatan dunia mengalahkan peradaban Persia dan Romawi saat itu.

Seiring jalannya waktu, peradaban Islam semakin hari semakin tenggelam dan dikalahkan golongan lain. Secara jujur kita bisa menyatakan, bahwa yang menguasai peradaban dunia saat ini ialah kaum yahudi. Tidak ada aspek kehidupan manusia di dunia ini yang tidak lepas dari kendali kaum yahudi.

(more…)